Rabu, 05 Juni 2013

RPP Akidah Akhlak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                       : MA ..........................
Kelas / Semester         : XI / Ganjil
Mata pelajaran          : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan    : 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )

A.  Standar Kompetensi : 
1.      Memahami ilmu kalam

B.  Kompetensi Dasar : 
1.1  Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam

C.  Indikator Dan Taksonomi
Indikator
Domain
Level
1.      Menjelaskan pengertian ilmu kalam.
2.      Menjelaskan fungsi ilmu kalam.
Kognitif
Kognitif
Pemahaman
Pemahaman

D.  Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian ilmu kalam
2.      Siswa mampu memahami fungsi ilmu kalam

E.  Materi Pembelajaran
1.      Pengertian ilmu kalam
2.      Fungsi ilmu kalam.

Karakter siswa yang diharapkan:
ü  Religius,
ü  Cinta ilmu,
ü  Gemar Membaca,
ü  Rasa Ingin tahu,
ü  Kreatif
ü  Disiplin,

F.   Metode Pembelajaran
o   Ceramah   ( media power point )
o   Tanya Jawab
o   Bowling kampus

G.   Penataan / Pengaturan Ruang Kelas
Ø  Berderet memanjang ke belakang
Ø  Formasi lingkaran – lingkaran. (ketika diskusi)

H.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan ( ± 6menit )
Apersepsi
Ø  Pendidik mengucapkan salam, kemudian berdo’a bersama dan mengkondisikan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran ( ±2menit )
Ø  Pendidik memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang sebelumnya ( ±2menit )

Motivasi
Ø  Pendidik memberikan informasi tentang bagian materi yang akan dipelajari yakni memahami ilmu kalam, dan menjelaskan juga tujuan dan manfaat mempelajarinya, serta menyampaikan juga karakter peserta didik yang diharapkan dari materi pembelajaran tersebut. ( ±2 menit )

Kegiatan Inti ( ±73menit )
Eksplorasi
Ø  Pendidik  menjelaskan uraian materi tentang pengertian ilmu kalam dan fungsi ilmu kalam dengan media power point. ( ±15 menit )
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik sambil mencatat hal-hal penting atau yang dirasa perlu untuk ditanyakan
Ø  Pendidik dan peserta didik tanya jawab mengenai materi yang disampaikan pendidik ( ±8 menit )
Elaborasi
Ø  Pendidik menjelaskan pada peserta didik bahwa bentuk pembelajaran selanjutnya bowling kampus. Sebelum dimulai, siswa terlebih dahulu diberi kesempatan untuk mengubah posisi bangkunya sesuai kelompok. Pendidik membagi kelompok diskusi menjadi lima kelompok untuk mendiskusikan tentang materi ilmu kalam. Pendidik memerintahkan tiap tim memilih nama organisasi (tim olahraga, perusahaan, kendaraan bermotor, dll) yang mereka wakili. ( ± 5 menit )
Ø  Pendidik memberi tiap siswa sebuah kartu indeks. Siswa akan mengacungkan kartu mereka untuk menunjukkan bahwa mereka ingin mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan. Format permainannya sama seperti lempar koin: tiap kali pendidik mengajukan sebuah pertanyaan, anggota tim boleh menunjukkan keinginannya untuk menjawab. ( ± 2 menit )
Ø  Pendidik menjelaskan aturan berikut ini:
1.      Untuk menjawab sebuah pertanyaan, acungkan kartu kalian.
2.      Kalian dapat mengacungkan kartu sebelum sebuah pertanyaan selesai diajukan jika kalian merasa sudah tahu jawabannya. Segera setelah kalian melakukan interupsi, pembacaan pertanyaan itu dihentikan. Tim menilai satu angka untuk tiap jawaban anggota yang benar.
3.      Ketika seorang siswa memberikan jawaban yang salah, tim lain bisa mengambil alih untuk menjawab. (Mereka dapat mendengarkan seluruh pertanyaan jika tim lain menginterupsi pembacaan pertanyaan). ( ±5 menit )
Ø  Pendidik mulai mengajukan pertanyaan mengenai pengertian dan fungsi ilmu kalam kepada peserta didik. (±13menit)
Ø  Setelah semua pertanyaan diajukan, pendidik menjumlahkan skornya dan mengumumkan pemenangnya. ( ±5 menit )
Ø  Pendidik memerintahkan peserta didik untuk kembali keposisi semula. Berdasarkan jawaban permainan, pendidik meninjau materi yang belum jelas atau memerlukan penjelasan lebih lanjut. (±10menit)
Konfirmasi
Ø  Pendidik bertanya jawab dengan peserta didik dan memberi penguatan tentang hasil diskusi ( ±10menit )

Kegiatan Penutup ( ±10menit )
Ø  Pendidik dan/atau peserta didik membuat kesimpulan pelajaran (nilai yang ditanamkan : mandiri,). ( ±5menit )
Ø  Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam proses pembelajaran. ( ±5menit )

I.     Media / Sumber Belajar
Ø  Roli Abdul Rohman, dkk, Menjaga Akidah Dan Akhlak, Solo, Tiga Serangkai.
Ø  LKS Akidah Akhlak, Fitrah untuk SMA/MA, Kelas XI, Semester I
Ø  Buku-buku lain yang relevan
Ø  Internet
Ø  LCD
J.    Penilaian
Nilai budaya dan karakter bangsa
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Contoh instrumen
Cinta ilmu
Ø Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya

Mandiri
Ø Mampu mencari sumber belajar sendiri

Kreatif
Ø Mendiskrisikan konsep dengan kata
·      Mendefnisikan pengertian ilmu kalam



·      Menjelaskan fungsi ilmu kalam


Tes tertulis
Uraian / isian
ü Jelaskan pengertian ilmu kalam menurut Syeih Muhammad Abduh!

ü Jelaskan fungsi ilmu kalam ?










Rubrik penilaian diskusi
Nama        :
Kelompok :

Aspek penilaian
indikator
deskriptor
skor
Tema
Total skor
Nilai


Pemahaman dan penalaran
Komunikasi lisan
v  Komunikatif
v  Ketepatan jawaban
1
2



Komunikasi tulisan
v  Mudah dipahami
v  Ketepatan jawaban
1

2






Mengetahui,                                                                         ..........., .....................
Kepala Sekolah                                                                   Guru Bidang Studi


..............................                                                                Dewi Wulan Sari
NIP :                                                                                     NIM : 110 290


Tidak ada komentar:

Posting Komentar